Kehadiran Malaikat Saat Usaid bin Hudhair Membaca Al-Qur‘an


Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat datang di Jaka Adhitea Blog bagi para pembaca sekaligus pengunjung setia blog ini. Saya selaku admin hadir kembali untuk berbagi informasi islami, semoga menginspirasi dan menjadi motivasi aktifitas anda hari ini.

Kisah kali ini bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang mengisahkan tentang betapa dahsyatnya seorang sahabat yang membaca Al-Qur‘an sehingga malaikat pun hadir untuk mendengarkan bacaannya.seperti apa kisahnya, silahkan dibaca kisahnya.

==========================================

pada suatu malam ketika Usaid bin Hudhair sedang membaca Al Qur‘an di dekat penambatan kudanya, kudanya bangun dan berputar-putar, kemudian dia membaca lagi dan kudanya berputar-putar lagi, kemudian dia membaca lagi dan kudanya berputar-putar lagi, setelah itu Usaid berkata; “Aku khawatir kalau-kalau kudaku menginjak yahya anakku, maka aku berhenti membaca, dan ternyata di atas kepalaku ada sesuatu seperti awan terang seperti lampu-lampu, ia terus naik membumbung ke udara sampai aku tak bisa melihatnya.”

Usaid berkata; “Maka di pagi harinya, aku menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan menuturkan kepada beliau; “Wahai Rasulullah, tadi malam ketika aku sedang membaca Al Qur‘an di penambatan kudaku, tiba-tiba kudaku bangun dan berputar-putar!”

Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memotong kata-kataku dengan mengatakan: “Bacalah terus ya Ibnu Hudhair!”

Usaid berkata; “Lalu aku kembali membacanya, dan kudaku kembali seperti itu.“

Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Bacalah terus ya Ibnu Hudhair!”

Usaid berkata; "Lalu aku kembali membacanya, dan kudaku kembali seperti itu,"

Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bacalah terus ya Ibnu Hudhair!"

Usaid berkata; “Lalu aku berpindah tempat karena Yahya dekat dengannya, dan aku khawatir ia terinjak olehnya. Kemudian aku melihat di atas kepalaku ada sesuatu seperti awan terang seperti lampu-lampu naik membumbung ke udara sampai aku tak bisa melihatnya.”

Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun berkata: “Itu adalah malaikat yang mendengarkan bacaanmu, kalau kamu terus membacanya maka orang lain dapat melihat malaikat tersebut tanpa terhalang sedikitpun.”

=========================================


Subhanallah, begitu dahsyat orang-orang yang selalu berada dalam kebaikan, seperti kisah yang dialami Usaid bin Hudhair malaikat pun hadir saat sang sahabat membaca Al-Qur‘an. Begitu juga dengan orang-orang yang menuntut ilmu, malaikat akan selalu menyertai para penuntut ilmu. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَفْعَلُ

“Sesungguhnya Malaikat akan membentangkan sayapnya untuk menaungi penuntut ilmu karena ridha terhadap apa yang mereka cari.” (HR. Ahmad)

Demikianlah kisah ini admin akhiri...
Semoga bisa menjadi motivasi....
Khususnya bagi generasi muda saat ini....

Barakallahu fiikum....
Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh....

share this article on

1 Response to "Kehadiran Malaikat Saat Usaid bin Hudhair Membaca Al-Qur‘an"